Makanan Sehat dan Suplemen Untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah anugerah yang sangat luar biasa, bahagianya bisa menular ke semua orang terdekat seperti suami, dan seluruh keluarga. Selama kehamilan, seorang ibu membutuhkan nutrisi dari makanan yang lebih, itu berguna karena selama hamil sekali makanan yang masuk akan di serap oleh dua badan yaitu ibu dan janin yang ada di perut. 

Makanan Sehat dan Suplemen Untuk Ibu Hamil

Makanan apa saja yang baik dan sehat untuk mencukupi kebutuhan ibu hamil, berikut saya rangkum makanan sehat dan suplemen untuk ibu hamil yang dianjurkan, beserta suplemen tambahan yang baik untuk pertumbuhan bayi.

Daging
Daging adalah sumber protein yang sangat tinggi baik untuk iu hamil, mengkonsumsi daging tanpa lemak sangat dianjurkan, karena daging tanpa lemak tidak akan mengandung bakteri toxoplasma

Telur
Didalam 1 butir telur terkandung 90 kalori, 12 vitamin, mineral dan banyak sekali protein dengan kualias tinggi. Ibu hamil yang rajin menkonsumsi telur sesuai dengan takaran/aturan baik untuk meningkatkan pertumbuhan sel bayi. 

Ikan Salmon
Ikan salmon mengandung omega 3 dan protein yang tinggi, ikan salmon adalah makanan sehat yang sangat cocok untuk ibu hamil, tetapi mengkonsumsi ikan salmon harus di batasi, adalah maksimal ibu hamil hanya boleh mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 12 ons dalam seminggu. Itu disebabkan jika terlalu banyak tidak baik karna kandungan merkuri nya.

Ubi Jalar
Makanan kampung dan super ekonomis satu ini ternyata memiki kandungan yang lura biasa baik untuk ibu hamil, kandungan karotenoid dan pigmen nya dapat di konversi menjadi vitamin A di dalam tubuh. Ubi jalar juga mengandung vitamin c, folat dan serat yang sangat dibutuhkan oleh seorang ibu hamil dan janinnya. Oh ya pastikan ubi jalar yang berwarna orange ya. 

Kacang-kacangan
Diantara jenis kacang-kacanangan yang paling baik manfaatnya adalah buncis, jenis kacang-kacangan sayur ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan paling banyak dibandingakan dengan jenis sayur lainnya. Buncis juga kaya akan serat, seperti diketahui kondisi kehamilan sering mengalami sembelit, itu akan terbantu dengan adanya kandungan serat dari buncis yang banyak untuk memperlancar pencernaan. Kandungan lainnya yang kaya manfaat dari buncil adalah zat besi, folat dan kalsium.

Yogurt Yunani
Yogurt memang  sangat baik untuk ibu hamil  karena didalam yogurt banyak terkandung protein dan kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang bayi. Yogurt yang disarankan adalah yogurt yunani, yang dipercaya memiliki kandungan protein dan kalsium lebih tinggi dibandingkan dengan yogurt biasa. Mengkonsumsi yogurt sebaiknya yang natural saja karena jika yogurt ada rasanya di takutkan mengandung bahan perasa buatan, yogurt rasa natual bisa di tambahkan potongan buah strawberry agar lebih nikmat.

Walnut
Walmut biasanya dapat di makan dengan cara menjadikannya makanan camilan atau snack dan juga campuran salad. Walmut dengan omega 3 nya membantu pertumbuhan otak bayi. 

Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua
Sayuran dengan daun nya yang berwarna hijau seperti bayam sangat cocok untuk ibu hamil yang sedang membutuhkan banyak serat, vitamin juga nutrisi yang tinggi. Selain daripada itu sayuran dengan warna daun hijau tua mengandung vitamin A, C, K dan juga folat yang penting untuk kelangsungan kehamilan.

Selain makanan di atas disarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi suplemen tambahan seperti:

PROLACTA With DHA For Baby
Di dalam Prolacta dianggap memenuhi standar kebutuhan nutrisi otak bayi, karena mengandung paling tidak empat jenis nutrisi, yaitu asam lemak esensial Omega 3, AA, DHA, dan  EPA (asam ekosapentanoat) Prolacta sebaiknya dikonsumsi mulai dari 0 sampai 9 bulan. Konsumsi sehari 1 saja sudah cukup.

Folavit
Folavit adalah merek dagang untuk suplemen yang mengandung asam folat, berguna untuk memenuhi kebutuhan asam folat ibu hamil, karna ibu hamil sering susah makan maka sangat dibutuhkan asupan asam folat dari suplemen. Tiap 1 tablet Folavit terkandung kadar asam folat sebanyak 400 Ug. Asam folat adalah vitamin yang tergabung dari vitamin B. Manfaat asam folat banyak salah satunya adalah untuk membantu produksi sel darah merah, biasanya ibu hamil suka lemah tak bertenaga, itu disebabkan karena ibu hamil sering muntah-muntah khususnya saat usia muda kehamilan, kemudian di tambah ibu hamil susah makan karena terus merasa eneg, maka dari itu ibu hamil jadi kekurangan sel darah merah dan lemas. Sebaiknya Folavit dikonsumsi saat usia kehamilan 0 sampai 9 bulan, tetapi jika sudah tidak mual boleh diganti dengan Folamil Genio. Konsumsi sehari 1 saja sudah cukup.

Nah, jelas kan sekarang apa saja makanan sehat dan suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.. selamat buat kehamilannya ya semoga lancar sampai persalinan.