Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Mengobatinya

gambar orang sakit asam urat
Tips Kesehatan Super - Sebelum anda mengetahui apa itu penyebab penyakit asam urat, sebaiknya simak dahulu apa yang dimaksud dengan asam urat. Asam urat adalah kristal-kristal yang terbentuk dari hasil metabolisme zat purin. Dan penyebab penyakit asam urat dikarenakan kadar asam urat dalam tubuh jumlahnya berlebih. Dengan kata lain, asam urat itu sudah ada di dalam tubuh kita, tetapi apabila kadarnya berlebih, kristal asam urat akan menumpuk pada sendi dan jaringan sehingga persendian akan terasa nyeri bahkan bisa menjadi bengkak.

Pengunjung Tips kesehatan yang super, tubuh kita menyediakan 85% senyawa purin. Kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15%. Pada kondisi normal, asam urat dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk urin dan feses (Ciri Feses Menggambarkan Kesehatan Perut Anda). Ginjal berfungsi mengatur pembuangan ini sekaligus mengatur kestabilan kadar asam urat dalam tubuh kita.

Laki-laki berusia 40 tahun ke atas dan wanita yang sudah menopause lebih rentan terhadap penyakit asam urat. Jika penyakit asam urat dibiarkan tanpa pengobatan, maka dapat berkembang menjadi penyakit batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.

Sekarang anda tahu bukan apa yang dimaksud dengan asam urat dan penyebab penyakit asam urat, serta dampak buruk yang akan terjadi ketika asam urat tidak di tangani secara serius? Nah, sekarang saat nya Tips Kesehatan Super berbagi tips pengobatan penyakit asam urat secara alami.

Buah-buahan yang Bermanfaat Untuk Pengobatan Asam Urat

Beberapa buah yang berkhasiat untuk digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit asam urat antara lain adalah jeruk, apel, mangga, nanas dan belimbing. Jika buah-buahan tersebut dicampur dengan komposisi yang tepat, maka penyembuhan penyakit asam urat menjadi lebih efektif.

Jeruk mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA), beta karoten, dan bioflavonoid. Apel mengandung serat, pektin, viamin C, dan kuersetin. Mangga mengandung flavonoid dan papanin. Kandungan utama mangga adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, fosfor, kalsium, zat besi, dan serat. Nanas memiliki rasa asam manis yang segar karena kandungan airnya cukup banyak. Nanas merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Belimbing mempunyai serat yang halus, rasa yang manis, segar dan dagingnya berair. Belimbing berkhasiat untuk menghilangkan sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, dan peluruh kencing. Buah yang berasal dari kawasan Malaysia ini juga mengandung pektin yang berfungsi menurunkan kolesterol dan asam empedu dalam tubuh. 

Buah sirsak mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan serat pada buah sirsak berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan sarinya mampu meningkatkan nafsu makan. Selain itu, buah sirsak juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pegal dan nyeri pada pinggang, serta mampu mengobati batu empedu. Kalium yang terkandung dalam sirsak akan membantu mencegah kram otot.

Agar lebih berkhasiat anda dapat membuatnya menjadi campuran jus buah, dan berikut ini adalah beberapa racikan campuran buah-buahan untuk obat asam urat yang sedang anda derita.

Jus Apel, Jambu, Bengkoang Sebagai Obat Asam Urat

Bahan-bahan:
  • 300 gram apel hijau, buang bijinya.
  • 150 gram jambu biji merah, potong-potong.
  • 100 gram bengkoang, kupas kulitnya.
Cara membuat:
  1. Masukan seluruh bahan dalam juice extractor.
  2. Proses hingga seluruh bahan tercampur dan lembut.
  3. Jus siap di hindangkan.
Aturan pakai:
  • Minum jus ini sekali dalam sehari minimal selama dua minggu.

Jus Pepaya & Jeruk

Bahan-bahan:
  • 100 cc jus jeruk dari 200 gram jeruk kepok.
  • 150 gram pepaya, dikupas lalu di potong-potong.
  • 100 cc yoghurt tawar.
Cara membuat:
  1. Masukan seluruh bahan ke dalam blender.
  2. Proses hingga lembut.
  3. Jus siap dinikmati.
Aturan pakai:
  • Minum jus ini satu kali sehari minimal selama dua minggu.

Jus Mangga Manis & Jahe

Bahan-bahan:
  • 150 gram mangga arum manis, kupas kulitnya.
  • 100 cc air tawar.
  • 1 cm jahe kupas.
Cara membuat:
  1. Masukan bahan ke dalam blender dan proses hingga lembut.
  2. Jus siap dihindangkan.
Aturan pakai:
  • Minum jus ini satu kali sehari.

Jus Nanas & Stroberi

Bahan-bahan:
  • 150 cc jus nanas dari 300 gram nanas.
  • 100 gram stroberi, yang telah dibekukan ke dalam freezer selama satu malam.
  • 50 gram kemiri, dikupas.
Cara membuat:
  1. Campurkan stroberi dan kemiri dengan jus nanas.
  2. Blender hingga lembut.
  3. Jus siap dihidangkan.
Aturan pakai:
  • Minum jus ini satu kali sehari sampai kadar asam urat dalam tubuh normal.

Jus Belimbing & Sirsak

Bahan-bahan:
  • 100 gram belimbing belah, buang bijinya.
  • 100 gram sirsak kupas, buang bijinya.
  • 3 kubus es batu.
Cara membuat:
  1. Proses belimbing dalam juice extractor.
  2. Masukan jus belimbing, sirsak, dan es batu ke dalam blender.
  3. Proses hingga lembut.
  4. Jus siap dihidangkan.
Aturan pakai:
  • Minum jus ini satu kali sehari, minimal semama seminggu.
Menanggapi sebuah pertanyaan tentang makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat yang disampaikan di group, sehingga akan lebih baik jika saya mencantumkannya.
  • Makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat adalah otak, hati, jantung, ginjal, dan jeroan lainya, ekstrak daging/kaldu daging, daging bebek, ikan sarden, makarel, dan kerang. 
  • Makanan yang boleh dikonsumsi tetapi porsinya tidak boleh berlebihan adalah daging sapi, ikan laut kecuali pada poin 1, ayam, udang, tahu/tempe, asparagus, bayam, kangkung, daun & biji melinjo.
  • Makanan yang dapat dikonsumsi setiap hari nasi, ubi, singkong, jagung, roti, mie/bihun, cake/kue kering, puding, susu, telur, keju, sayuran & buah kecuali sayur pada point 2.
Pengunjung blog Tips Kesehatan Super yang setia sudah tau kan sekarang bagaimana cara membuat jus buah-buahan yang memiliki khasiat untuk mengobati asam urat. Jadi minum jus juga jangan asal, perhatikan pula manfaat yang terkandung di dalamnya, jadi selain enak juga dapat mengobati penyakit. Semoga anda sehat selalu ya.