Ciri-ciri Feses yang Baik dan Sehat

gamber fases tai

Ciri-ciri Feses yang Baik dan Sehat - Untuk mengetahui seperti apa kondisi kesehatan Anda, ternyata bukan hanya bisa dilihat dari warna air seni. Bukan bermaksud bicara hal kotor, tapi menurut dokter yang populer dalam acara kesehatan di televisi, Dr Mehmet Cengiz Oz atau yang dikenal dengan Dr. Oz, feses atau tinja juga menunjukkan isi perut Anda.

Tapi sebelumnya, seperti dikutip laman The Stir, Minggu (19/1/2014) Dr. Oz mengaku sebelum buang air besar di pagi ia hari, ia rutin minum air putih.

"Ini adalah cara terbaik bagi saya untuk membuang kotoran di pagi hari. Minum segelas air, kemudian saya menyikat gigi karena saya tidak ingin menelan semua bakteri di gigi saya," katanya.

Menurut Dr. Oz, tinja yang Anda buang setiap hari memang benar-benar dapat menjadi indikator yang baik bagi kesehatan Anda. Lebih jelasnya, berikut 6 hal penting dalam mengetahui isi perut yang sehat:

Warna
Tinja harus berwarna coklat, tidak kemerahan, tidak hitam, tidak putih atau kuning. "Meskipun Anda banyak makan wortel atau buah bit, warna kotoran yang sehat adalah kecokelatan bukan merah apalagi oranye," kata dr. Oz.

Bentuk
Tinja yang bentuknya ramping dan panjang bisa menjadi tanda kanker usus besar.

Tekstur
Tinja tidak boleh terlalu lembut atau tampak seperti gumpalan lemak karena itu bisa menjadi tanda pankreatitis.

Bau
Tinja memang tidak ada yang berbau seperti bunga mawar, tapi perubahan yang signifikan dalam bau atau baunya jauh lebih buruk dari biasanya, bisa menjadi tanda ada sesuatu yang salah di tubuh Anda.

Sembelit
Banyak orang menganggap sering sembelit sebelum buang air besar dan menganggapnya sepele. Padahal, sembelit  dapat menyebabkan hemorroids (ambeyen atau wasir) juga anal fissures (perdarahan). Maka itu, perbanyak makan serat, berolahraga dan minum banyak air. 

Diare
Waspada, diare yang berlangsung lebih dari beberapa hari bisa jadi tanda iritasi usus atau penyakit Crohn.

(Fit/Igw) sumber : http://health.liputan6.com/read/803771/ciri-ciri-feses-sehat-yang-menggambarkan-isi-perut-anda